Sepakbola Indonesia Semakin Terpuruk

Posted: 29 September 2010 in kritik suporter

Persepakbolaan di Tanah Air saat ini semakin terpuruk dan memprihatinkan. Sehingga tak mampu meraih prestasi di tingkat internasional. Keterpurukan itu disebabkan pembinaan yang dilakukan PSSI tidak berjalan semestinya.


“Kondisi sepakbola di Indonesia semakin parah. Prestasi yang terus merosot membuat Presiden SBY prihatin,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso kepada wartawan di Medan, kemarin.


Untuk memperbaiki kualitas persepakbolaan Indonesia, salah satu cara langkah yang ditempuh adalah menggelar Kongres Sepakbola Nasional (KSN), 30 Maret di Malang, KSN akan  dihadiri seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan sepak bola ditanah air.


Didampingi Gubernur LIRA Sumut, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM, Sutioso melihat sepak bola di Indonesia harus segara diperbaiki. KSN akan membicarakan kondisi sepakbola nasional yang nantinya akan menghasilkan sejumlah rekomendasi guna perbaikan prestasi sepakbola Indonesia.


“Dipastikan akan ada rekomendasi dari daerah-daerah yang menuntut dilaksanakannya Munaslub PSSI guna mengganti pimpinan,” tegasnya.


Meskipun rekomendasi tersebut tidak ada dalam agenda, tapi bila itu terjadi, maka harus segera ditindaklanjuti. Pasalnya, masyarakat Indonesia sudah jenuh melihat kondisi sepak bola tanah air sekarang ini yang tak kunjung menuai prestasi.


Pria kelahiran Semarang, 6 Desember 1944 juga menyampaikan keinginannya untuk maju sebagai calon Ketua PSSI.


Oleh sebab itu, Sutiyoso  mengajak seluruh Pengda, khususnya di Sumut untuk bersama-sama memperbaiki kondisi sepak bola tanah air. Sebab bila terus dibiarkan, maka prestasi sepak bola Indonesia akan semakin anjlok.


“Saat ini saja, tidak ada lagi yang bisa dibanggakan dari sepakbola kita. Indonesia selalu dipecundangi  oleh tim lain. Sedangkan untuk Asia Tenggara, sepak bola kita juga tidak ada apa-apanya. Tidak hanya yang senior, pemain junior pun begitu,” tegas Sutiyoso.


Menurut pria yang akrab disapa Bang Yos ini, harus ada terobosan-terobosan yang signifikan terhadap sepak bola Indonesia. Terutama dengan cara merekrut dan melatih dengan benar pemain-pemain usia dini yang selama ini tidak pernah dilakukan. Termasuk juga “membersihkan” klub-klub yang ada. Sebab menurut kabar, banyak mafia-mafia yang bermain di PSSI untuk mengatur skor dalam pertandingan.


“Selain itu, pembinaan atlet sepak bola usia dini harus segera dilaksanakan. Juga harus digelar kompetisi-kompetisi rutin untuk melatih dan meningkatkan bakat serta potensi persepakbolaan Indonesia. Demikian pula daerah-daerah dan Pengda harus benar-benar aktif melaksanakan kompetisi didaerahnya secara teratur, sehingga sepakbola kita menjadi lebih baik,” tambahnya.


Secara terpisah, Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jusuf Rizal SE MM menyebutkan, kalau Sutiyoso bukan figur baru dipersepakbolaan Indonesia. Sutiyoso  sudah memiliki trade record dibidang olahraga, bahkan dia disebut seorang tokoh yang sudah 23 tahun mengurusi olah raga nasional.


“Ia pernah menduduki jabatan strategis saat mengabdi selama 13 tahun di Perbakin. Di organisasi olahraga menembak ini, Perbakin  meraih 11 emas untuk Indonesia di Sea Games. Selama 6 tahun memimpin Perbasi  juga menorehkan prestasi gemilang dengan meraih  runner-up  setelah Philipina,” kata Jusuf Rizal.


“Melalui kongres nanti dapat melakukan perubahan di tubuh PSSI, karena hal itu didukung pemerintah dan menjadi perhatian khusus oleh Presiden RI,” tegas Rizal.


Sementara Gubernur LIRA Sumut Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM yang juga Ketua LIRA Indonesia Sport Wacth (ISW) Sumut mengaku sangat mendukung adanya perubahan di tubuh PSSI. “Kita sudah rindu Merah Putih berkibar di tingkat internasional, khususnya melalui prestasi sepakbola. Keinginan itu juga sangat didukung Presiden,” katanya.

http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=33921%3Asutiyoso-sepakbola-indonesia-semakin-terpuruk&Itemid=66

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s